Contoh Diktat PelajaranUntukPenilaianAngkaKredit
Contoh Diktat PelajaranUntukPenilaianAngkaKredit
Contoh Diktat PelajaranUntukPenilaianAngkaKredit
![http://id.shvoong.com/images/spacer.gif?s=summarizer&d=1356459083759&id=273206cf-974b-4c4a-9b0e-9e13b6659030](file:///C:\Users\ASUS\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
a. Pengertian diktat
Diktat, adalahcatatantertulissuatumatapelajaranataubidangstudi yang dipersiapkan guru untukmempermudah/memperkayamaterimatapelajaran/bidangstudi yang disampaikanoleh guru dalam proses kegiatanbelajarmengajar.
Dapatdikatakanbahwa diktat adalahbuku yang diedarkandalamlingkupterbatas (umumnyahanyadigunakanoleh guru yang membuat), dalambentuk yang lebihsederhana, cakupanisinyalebihsedikit.
b. Kerangkaisi diktat
Sebagaimanatelahdijelaskansebelumnya, bahwapadahakekatnya diktat adalahbukupelajaran yang ‘masih’ mempunyaiketerbatasan., baikdalamjangkauanpenggunaannyamaupuncakupanisinya. Yang membedakan diktat denganbukupelajaranantara lain:
1) Diktat umumnyadisusunoleh guru untukkeperluanmengajarnyasendiri,
2) Diperbanyakdandiedarkansecaraterbatas,
3) Cakupanisi diktat umumnyaterbatas (bilabukumencakupisiipelajaransatu semester, diktat hanyabeberapa kali pertemuan)
4) Cukupbanyak diktat, setelahdisempurnakan, padaakhirnya, menjadiibukupelajaran. Seringdikatakanbahwa diktat adalahcalonbukupelajaran.
Dengandemikiankerangkaisi diktat yang baikseharusnyatidakberbedadenganbukupelajaran, namunkarenamasihdigunakan di kalangansendiri, beberapabagianisiseringkaliditiadakan. Bagian yang seharusnyatetaptersajipadasuatu diktat adalah:
BagianPendahuluan:
• Daftarisi
• Penjelasantujuan diktat pelajaran
Bagian Isi :
• Judulbabatautopikisibahasan
• Penjelasantujuanbab
• Uraianisipelajaran
• Penjelasanteori
• Sajiancontoh
• Soallatihan
BagianPenunjang:
• DaftarPustaka
Diktat, adalahcatatantertulissuatumatapelajaranataubidangstudi yang dipersiapkan guru untukmempermudah/memperkayamaterimatapelajaran/bidangstudi yang disampaikanoleh guru dalam proses kegiatanbelajarmengajar.
Dapatdikatakanbahwa diktat adalahbuku yang diedarkandalamlingkupterbatas (umumnyahanyadigunakanoleh guru yang membuat), dalambentuk yang lebihsederhana, cakupanisinyalebihsedikit.
b. Kerangkaisi diktat
Sebagaimanatelahdijelaskansebelumnya, bahwapadahakekatnya diktat adalahbukupelajaran yang ‘masih’ mempunyaiketerbatasan., baikdalamjangkauanpenggunaannyamaupuncakupanisinya. Yang membedakan diktat denganbukupelajaranantara lain:
1) Diktat umumnyadisusunoleh guru untukkeperluanmengajarnyasendiri,
2) Diperbanyakdandiedarkansecaraterbatas,
3) Cakupanisi diktat umumnyaterbatas (bilabukumencakupisiipelajaransatu semester, diktat hanyabeberapa kali pertemuan)
4) Cukupbanyak diktat, setelahdisempurnakan, padaakhirnya, menjadiibukupelajaran. Seringdikatakanbahwa diktat adalahcalonbukupelajaran.
Dengandemikiankerangkaisi diktat yang baikseharusnyatidakberbedadenganbukupelajaran, namunkarenamasihdigunakan di kalangansendiri, beberapabagianisiseringkaliditiadakan. Bagian yang seharusnyatetaptersajipadasuatu diktat adalah:
BagianPendahuluan:
• Daftarisi
• Penjelasantujuan diktat pelajaran
Bagian Isi :
• Judulbabatautopikisibahasan
• Penjelasantujuanbab
• Uraianisipelajaran
• Penjelasanteori
• Sajiancontoh
• Soallatihan
BagianPenunjang:
• DaftarPustaka
CONTOH DIKTAT PELAJARAN
SEKOLAH : SD
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS/ SEMESTER : Kelas V/1
BAB I
FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN
KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK)
KOMPETENSI DASAR
1.2 Menggunakanfaktor prima untukmenentukan KPK dan FPB
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswadapatmenentukanfaktorisasi prima daribilangancacah
2.Siswadapatmenentukan FPB dan KPK duabilangan
A. FPB DuaBilangan
Padababinikamuakanmempelajarikembalitentangbilangan prima, caramenentuanfaktor prima sebuahbilangan, danmenentukan FPB dan KPK dengancarafaktorisasi prima.
SEKOLAH : SD
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS/ SEMESTER : Kelas V/1
BAB I
FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN
KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK)
KOMPETENSI DASAR
1.2 Menggunakanfaktor prima untukmenentukan KPK dan FPB
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswadapatmenentukanfaktorisasi prima daribilangancacah
2.Siswadapatmenentukan FPB dan KPK duabilangan
A. FPB DuaBilangan
Padababinikamuakanmempelajarikembalitentangbilangan prima, caramenentuanfaktor prima sebuahbilangan, danmenentukan FPB dan KPK dengancarafaktorisasi prima.
Di
kelassebelumnyakamutelahmengenalbilangan prima.Bilangan prima adalahbilangan
yang mempunyaitepatduafaktor, yaitubilangan 1
dandirinyasendiri.Suatubilangandapatditentukanfaktorprimanya. Cara
menentukanfaktor prima suatubilangandapatdilakukanantaralaindenganpohonfaktor.
Contoh:
Tentukanfaktor prima dari 18 denganmenggunakanpohonfaktor.
Jawab:
Faktor prima dari 18 adalah 2 dan 3
Faktorisasi prima dari 18 adalah 2x3x3
atauditulis 18 = 2 x 32
Denganmenggunakanfaktorisasi prima dariduabilangankitadapatmenentukanFaktor Persekutuan Terbesar (FPB) bilangan- bilangantersebut. Perhatikanuraianberikut.
1. Faktorisasi prima dari 10 adalah 2 x 5
Faktorisasi prima dari 12 adalah 22 x 3
2 adalahfaktor prima dari 10 dan 12, sebab 10 dan 12 keduanyahabis
dibagi 2.
Sedangkan 22, 3, dan 5 bukanfaktorpersekutuandari 10 dan 12.
Mengapa?
2. Faktorisasi prima dari 18 adalah 2 x 32
Faktorisasi prima dari 12 adalah 22 x 3
2, 3, atau 2x3 masing-masingadalahfaktor prima dari 18 dan 12, sebab 10 dan
12 keduanyaberturut-turuthabisdibagi 2, 3, atau 2x3.
Sedangkan 22x3, 2x32, dan 22x32 bukanfaktorpersekutuandari 18 dan 12.
Mengapa?
Contoh:
Tentukan FPB dari 36 dan 60
Jawab:
36 = 22 x 32
60 = 22 x 3 x 5
FPB dari 36 dan 60 adalah 22 x 3 = 12
Latihan
1.Tentukan faktorisasi prima daribilangan-bilanganberikut.
a. 14 b. 20 c. 56 d. 72
2. Carilah FPB daripasangan- pasanganbilanganberikutdenganmenggunakan
faktorisisasi prima.
a. 6 dan 9 b. 12 dan 20 c. 28 dan 42 d. 54 dan 72
Contoh:
Tentukanfaktor prima dari 18 denganmenggunakanpohonfaktor.
Jawab:
Faktor prima dari 18 adalah 2 dan 3
Faktorisasi prima dari 18 adalah 2x3x3
atauditulis 18 = 2 x 32
Denganmenggunakanfaktorisasi prima dariduabilangankitadapatmenentukanFaktor Persekutuan Terbesar (FPB) bilangan- bilangantersebut. Perhatikanuraianberikut.
1. Faktorisasi prima dari 10 adalah 2 x 5
Faktorisasi prima dari 12 adalah 22 x 3
2 adalahfaktor prima dari 10 dan 12, sebab 10 dan 12 keduanyahabis
dibagi 2.
Sedangkan 22, 3, dan 5 bukanfaktorpersekutuandari 10 dan 12.
Mengapa?
2. Faktorisasi prima dari 18 adalah 2 x 32
Faktorisasi prima dari 12 adalah 22 x 3
2, 3, atau 2x3 masing-masingadalahfaktor prima dari 18 dan 12, sebab 10 dan
12 keduanyaberturut-turuthabisdibagi 2, 3, atau 2x3.
Sedangkan 22x3, 2x32, dan 22x32 bukanfaktorpersekutuandari 18 dan 12.
Mengapa?
Contoh:
Tentukan FPB dari 36 dan 60
Jawab:
36 = 22 x 32
60 = 22 x 3 x 5
FPB dari 36 dan 60 adalah 22 x 3 = 12
Latihan
1.Tentukan faktorisasi prima daribilangan-bilanganberikut.
a. 14 b. 20 c. 56 d. 72
2. Carilah FPB daripasangan- pasanganbilanganberikutdenganmenggunakan
faktorisisasi prima.
a. 6 dan 9 b. 12 dan 20 c. 28 dan 42 d. 54 dan 72
DaftarPustaka
Musono, D,dkk. 1994. Matematika 5a untukSekolahDasarKelas 5. Jakarta:
BalaiPustaka.
Musono, D,dkk. 1994. Matematika 5a untukSekolahDasarKelas 5. Jakarta:
BalaiPustaka.
+ komentar + 3 komentar
semoga bermanfaat
mohon bantuan sy butuh sebagai contoh untuk masa depan keluaga kami trims.
trims infonya.
Posting Komentar