Contoh Diktat PelajaranUntukPenilaianAngkaKredit

Contoh Diktat PelajaranUntukPenilaianAngkaKredit



Contoh Diktat PelajaranUntukPenilaianAngkaKredit
http://id.shvoong.com/images/spacer.gif?s=summarizer&d=1356459083759&id=273206cf-974b-4c4a-9b0e-9e13b6659030
a.       Pengertian diktat
Diktat, adalahcatatantertulissuatumatapelajaranataubidangstudi yang dipersiapkan guru untukmempermudah/memperkayamaterimatapelajaran/bidangstudi yang disampaikanoleh guru dalam proses kegiatanbelajarmengajar.
Dapatdikatakanbahwa diktat adalahbuku yang diedarkandalamlingkupterbatas (umumnyahanyadigunakanoleh guru yang membuat), dalambentuk yang lebihsederhana, cakupanisinyalebihsedikit.

b. Kerangkaisi diktat
Sebagaimanatelahdijelaskansebelumnya, bahwapadahakekatnya diktat adalahbukupelajaran yang ‘masih’ mempunyaiketerbatasan., baikdalamjangkauanpenggunaannyamaupuncakupanisinya. Yang membedakan diktat denganbukupelajaranantara lain:
1) Diktat umumnyadisusunoleh guru untukkeperluanmengajarnyasendiri,
2) Diperbanyakdandiedarkansecaraterbatas,
3) Cakupanisi diktat umumnyaterbatas (bilabukumencakupisiipelajaransatu semester, diktat hanyabeberapa kali pertemuan)
4) Cukupbanyak diktat, setelahdisempurnakan, padaakhirnya, menjadiibukupelajaran. Seringdikatakanbahwa diktat adalahcalonbukupelajaran.
Dengandemikiankerangkaisi diktat yang baikseharusnyatidakberbedadenganbukupelajaran, namunkarenamasihdigunakan di kalangansendiri, beberapabagianisiseringkaliditiadakan. Bagian yang seharusnyatetaptersajipadasuatu diktat adalah:

BagianPendahuluan:
• Daftarisi
• Penjelasantujuan diktat pelajaran
Bagian Isi :
• Judulbabatautopikisibahasan
• Penjelasantujuanbab
• Uraianisipelajaran
• Penjelasanteori
• Sajiancontoh
• Soallatihan

BagianPenunjang:
• DaftarPustaka






CONTOH DIKTAT PELAJARAN

SEKOLAH : SD
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS/ SEMESTER : Kelas V/1

BAB I
FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN
KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK)

KOMPETENSI DASAR
1.2 Menggunakanfaktor prima untukmenentukan KPK dan FPB

TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswadapatmenentukanfaktorisasi prima daribilangancacah
2.Siswadapatmenentukan FPB dan KPK duabilangan

A. FPB DuaBilangan

Padababinikamuakanmempelajarikembalitentangbilangan prima, caramenentuanfaktor prima sebuahbilangan, danmenentukan FPB dan KPK dengancarafaktorisasi prima.
Di kelassebelumnyakamutelahmengenalbilangan prima.Bilangan prima adalahbilangan yang mempunyaitepatduafaktor, yaitubilangan 1 dandirinyasendiri.Suatubilangandapatditentukanfaktorprimanya. Cara menentukanfaktor prima suatubilangandapatdilakukanantaralaindenganpohonfaktor.
Contoh:
Tentukanfaktor prima dari 18 denganmenggunakanpohonfaktor.
Jawab:
Faktor prima dari 18 adalah 2 dan 3
Faktorisasi prima dari 18 adalah 2x3x3
atauditulis 18 = 2 x 32
Denganmenggunakanfaktorisasi prima dariduabilangankitadapatmenentukanFaktor Persekutuan Terbesar (FPB) bilangan- bilangantersebut. Perhatikanuraianberikut.
1. Faktorisasi prima dari 10 adalah 2 x 5
Faktorisasi prima dari 12 adalah 22 x 3
2 adalahfaktor prima dari 10 dan 12, sebab 10 dan 12 keduanyahabis
dibagi 2.
Sedangkan 22, 3, dan 5 bukanfaktorpersekutuandari 10 dan 12.
Mengapa?
2. Faktorisasi prima dari 18 adalah 2 x 32
Faktorisasi prima dari 12 adalah 22 x 3
2, 3, atau 2x3 masing-masingadalahfaktor prima dari 18 dan 12, sebab 10 dan
12 keduanyaberturut-turuthabisdibagi 2, 3, atau 2x3.
Sedangkan 22x3, 2x32, dan 22x32 bukanfaktorpersekutuandari 18 dan 12.
Mengapa?

Contoh:
Tentukan FPB dari 36 dan 60
Jawab:
36 = 22 x 32
60 = 22 x 3 x 5
FPB dari 36 dan 60 adalah 22 x 3 = 12

Latihan
1.Tentukan faktorisasi prima daribilangan-bilanganberikut.
a. 14 b. 20 c. 56 d. 72

2. Carilah FPB daripasangan- pasanganbilanganberikutdenganmenggunakan
faktorisisasi prima.
a. 6 dan 9 b. 12 dan 20 c. 28 dan 42 d. 54 dan 72

DaftarPustaka
Musono, D,dkk. 1994. Matematika 5a untukSekolahDasarKelas 5. Jakarta:
BalaiPustaka.

+ komentar + 3 komentar

10 Februari 2020 pukul 07.25

semoga bermanfaat

11 Mei 2020 pukul 10.55

mohon bantuan sy butuh sebagai contoh untuk masa depan keluaga kami trims.

5 Desember 2020 pukul 04.19

trims infonya.

Posting Komentar

 
Pembuat : Website | Cahya Wahyu Ananta | Tentang Organisasi
Tahun Pembuatan © 11 Mei 2015. SD Negeri Tambakroto Sayung Demak Jateng - Kekompakan merupakan kunci dari kesuksesan dalam kegiatan
Website Karangtaruna Tunas Maju Dibuat oleh Cahya Wahyu Ananta A.Md Komp. | Desa Pulosari Karangtengah Demak
Inspirasi Pembuatan Website Organisai